Perbandingan ukuran tata surya dengan HL Tauri dan disc protoplanet sekitarnya.
Topik mengenai proses pembentukan tata surya memang menjadi topik utama bagi para ilmuwan di dunia. Kita dapat melihat gambaran bagaimana proses pembentukan tata surya berkat foto yang diambil oleh teleskop raksasa ALMA di Chile
ALMA di Chile
ALMA di Chile
Foto ini memperlihatkan sebuah bintang muda bernama HL Tau yang berada dalam konstelasi Taurus, namun yang membuat menarik adalah HL Tau tengah dilingkari oleh sekumpulan awan luar angkasa dalam jumlah yang sangat besar.
Protoplanet disk yang HL Tau
Protoplanet disk yang HL Tau
Kemudian kumpulan awan tersebut membentuk sebuah piringan berlapis dengan ukuran raksasa, piringan tersebut hampir mirip dengan cicin planet Saturnus.

Menurut para peneliti, lingkaran awan yang mengelilingi HL Tau mirip dengan proses pembentukan planet-planet di tatasurya kita miliaran tahun yang lalu. Hebatnya, HL Tau masih berumur satu juta tahun saja.
Protoplanet disk yang HL Tau
Pada akhirnya awan-awan tersebut akan terus berputar dan berkumpul sesuai dengan orbit sehingga berubah menjadi planet atau asteroid. Tetapi, untuk sampai tahap itu dibutuhkan waktu hingga miliaran tahun. Sehingga cukup sulit bagi manusia untuk mengamati proses kelahiran planet di sekitar HL Tau.
Gambar Hubble dari wilayah sekitar HL Tau
Gambar Hubble dari wilayah sekitar HL Tau
Melihat dari bentuk-bentuk cincin awan yang ada, saat ini awan di HL Tau sudah memasuki proses pembentukan awal planet. Proses yang saat ini terjadi pada bintang muda berjarak 450 tahun cahaya dari bumi itu mirip dengan yang ada di cincin planet Saturnus.(extremetech)

Ilmuwan pun berharap, foto dari HL Tau yang mempunyai resolusi paling jelas dari pada foto-foto pembentukan tata surya lainnya ini dapat memberi jalan untuk mengetahui lebih lanjut proses pembentukan planet padat seperti bumi atau planet gas seperti Jupiter.

masukkan email kamu untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap hari

filed under: ,
Copyright © 2013 artikel-fenomenal | Powered by Blogger
Design by Theme Junkie
Blogger Template by Lasantha | PremiumBloggerTemplates.com