Capung
Capung
Para ilmuwan nalis genetik Commonwealth of Scientific and Industrial Research Organization (CSIRO), baru-baru ini menemukan tentang evolusi serangga yang berasal dari 480 juta tahun yang lalu ternyata memiliki kemampuan terbang setelah 80 tahun kemudian.

Penelitian ini melibatkan  lebih dari 140 gen serangga yang memiliki hubungan antar semua kelompok utama serangga dan lebih dari 100 peneliti di dunia yang berasal dari 16 negara dan lima diantaranya dari SCIRO. mereka juga telah resmi mengumumkan hasil tentang evolusi serangga tersebut.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa, Sekitar 480 juta tahun yang lalu, serangga awalnya hanya hidup di darat," Jelas David Yeates, direktur CSIRO.

Menurunya, sekitar 400 juta tahun yang lalu nenek moyang capung yang ada saat ini adalah serangga yang pertama mengembangkan sayap, dan memili kemampuan untuk dapat terbang jauh sebelum serangga jenis lain bisa melakukannya.

Dr. Yeates juga menjelaskan. "Beberapa capung ini dengan cepat mengembangkan sayap dengan lebar hingga 70 cm, untuk menghindar dari predator dengan cepat,”

Penelitian ini juga mengkonfirmasi bahwa krisis keanekaragaman hayati menyebabkan peristiwa kepunahan massal pada kelompok hewan lain, seperti dinosaurus. Namun, serangga dapat terus bertahan hidup dan diyakini cepat beradaptasi dengan situasi baru dan bertahan hingga saat ini. 

masukkan email kamu untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap hari

filed under: ,
Copyright © 2013 artikel-fenomenal | Powered by Blogger
Design by Theme Junkie
Blogger Template by Lasantha | PremiumBloggerTemplates.com