7 Fenomena Luar Biasa yang belum pernah Kamu Lihat
Alam memang memiliki cara yang luar biasa untuk membuat siapapun terpukau. Kalau kamu berpikir sudah mengetahui hal-hal indah di Bumi ini maka kamu jangan berbahagia dulu, karena banyak sekali rahasia alam yang tidak kamu ketahui.

Ya, bahkan ada banyak sekali hal-hal fenomenal di dunia ini. Fenomena alam itu terkadang tidak kamu sadari tetapi benar-benar terjadi dan mampu membuat siapapun terperangah.


Oddee bahkan melansir berbagai hal di alam yang pernah terjadi. Dianggap fenomena aneh karena kejadiannya terbentuk secara unik dan begitu berbeda. Berikut 7 Fenomena Luar Biasa yang belum pernah Kamu Lihat,dikutip dari Kapanlagi:

1. Petir Abadi Catatumbo
Petir Abadi Catatumbo
artikel-fenomenal.blogspot.com - Misteri Rel�mpago del Catatumbo (petir Catatumbo) adalah sebuah fenomena alam yang sangat unik di Bumi ini. Kamu bisa melihat keindahannya di sepanjang muara sungai Catatumbo di danau Maracaibo yang terletak di Venezuela sana. Fenomena ini adalah awan-awan bermuatan petir dengan tegangan listrik lebih dari lima kilometer selama 150-160 malam setahunnya.

Petir Catatumbo terus berpijar selama 10 jam dalam semalam atau sekitar 280 kali sambaran tiap jamnya. Badai petir luar biasa ini bisa dinikmati dengan mata telanjang sehingga dianggap sebagai sebuah generator tunggal ozon terbesar di Bumi.

2. Hujan Ikan
Hujan Ikan
artikel-fenomenal.blogspot.com - Hujan Ikan di Honduran Folklore adalah hal yang biasa. Kamu bisa melihatnya di Departementeo de Yoro sekitar bulan Mei dan Juli. Fenomena ini dimulai dengan munculnya awan hitam di langit beserta petir. Lalu ada angin kuat dan hujan lebat selama 2-3 jam.

Dan saat hujan berhenti, ratusan ikan yang masih hidup dan menggelepar bisa ditemukan di tanah. Lalu orang-orang akan mengumpulkan ikan-ikan itu dan memasaknya. Jadi, berniat makan ikan yang turun dari langit? Silahkan ke Honduras ya!

3. Matahari Hitam
Matahari Hitam
artikel-fenomenal.blogspot.com - Di Denmark sana, selama musim semi sekitar satu setengah jam sebelum matahari terbenam, kamu bisa melihat formasi burung jalak Eropa yang begitu banyak. Disebut banyak karena jumlahnya bahkan mencapai lebih dari satu juta ekor.
Matahari Hitam
artikel-fenomenal.blogspot.com - Burung-burung jalak berwarna hitam itu akan terbang bergerombol di udara dan membuat berbagai formasi menakjubkan sampai-sampai menutupi matahari sehingga beberapa orang di Denmark menyebutnya sebagai fenomena matahari hitam.

4. Pelangi Api
Pelangi Api
artikel-fenomenal.blogspot.com - Fenomena atmosfer ini bernama Circumhorizontal atau pelangi api yang muncul saat matahari berada di titik tertinggi di langit yakni lebih dari 58� di atas garis horizon. Es halo yang terbentuk oleh kristal es ini membentuk piring di awan cirrus sehingga karena Halo yang besar, fenomena cantik ini bisa muncul.

Kamu mungkin bisa menemukannya selama musim panas. Sehingga tak heran jika fenomena pelangi api ini menjadi salah satu yang begitu dikagumi karena kecantikannya.

5. Kambing Pemanjat
Kambing Pemanjat
artikel-fenomenal.blogspot.com - Jika kambing biasanya hanya berlari-lari di daratan, maka kalau kamu ke Maroko, kamu bisa melihat bagaimana kambing memanjat di atas pohon. Rupanya kambing-kambing itu memanjat pohon demi memakan buah dari pohon Argan yang mirip dengan buah Zaitun.

Rupanya aksi para kambing ini diikuti oleh petani di sana. Karena beberapa biji-biji kacang dan buah terkadang tersisa tidak dimakan para kambing. Tiap kacang bahkan berisi 1-3 biji yang bisa dibuat untuk produksi minyak Argan dan bahan kosmetik lain. Hanya saja, perlahan pohon Argan jadi langka karena kambing pemanjat yang merusaknya.

6. Hujan Darah Kerala
Hujan Darah Kerala
artikel-fenomenal.blogspot.com - Semenjak 25 Juli - 23 September 2001, sebuah fenomena alam aneh yakni hujan merah turun di Kerala, India sana. Karena air yang turun dari langit berwarna merah, maka mengganggu aktivitas menjemur para penduduk. Saat diteliti, ilmuwan meyakini jika hujan merah di Kerala mengandung sel hidup.

Ahli mikrobiologis asal Inggris, Milton Wainwright dari Univestitas Sheffield menjelaskan bahwa ada semacam plankton yang menyebabkan hujan merah ini. Meskipun begitu, penyebabnya sampai saat ini masih diperdebatkan.

7. Ombak Terpanjang di Dunia
Ombak Terpanjang di Dunia
artikel-fenomenal.blogspot.com - Dua kali dalam setahun, antara bulan Februari dan Maret, air samudera Atlantik bisa mencapai sungai Amazon di Brazil. Hal ini menjadi jalur ombak terpanjang di Bumi. Fenomena yang disebut dengan nama Pororoca ini terjadi karena pasang surut di samudera Atlantik yang bertemu dengan muara sungai. 

Karena hal itu, sebuah gelombang sampai setinggi 12 meter bisa dihasilkan dan bertahan lebih dari setengah jam lamanya. Pororoca bisa terdengar 30 menit sebelum muncul dan sangat kuat sampai bisa menghancurkan apapun yang dilewati. Namun kini Pororoca justru populer di kalangan peselancar. Di mana semenjak tahun 1999, diadakan kejuaraan tahunan berselancar di ombak Pororoca. 

masukkan email kamu untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap hari

filed under:
Copyright © 2013 artikel-fenomenal | Powered by Blogger
Design by Theme Junkie
Blogger Template by Lasantha | PremiumBloggerTemplates.com