Bangkai Paus Biru
Bangkai Paus Biru

Fenomena paus meledak atau yang biasa disebut dengan Exploding Whale, ada dua penyebab dalam kejadian tersebut, yakni disengaja (dipasang dinamit) dan juga meledak secara alami.

Namun ungkapan paus yang meledak biasanya mengacu pada peristiwa peledakan bangkai paus secara saengaja di pantai Florence Oregon, Amerika Serikat.

Bangkai Paus Sperma Sengaja Diledakan


Bangkai Paus Sperma Meledak
Bangkai Paus Sperma
Pada bulan November tepatnya tanggal 12 tahun 1970, seekor paus sprema dengan panjang 14 meter dan berat sekitar 7,3 ton terdampar di pantai Florence, Oregon. Pada saat itu pantai Oregon merupakan akses jalan raya negara sehingga tanggung ajwab membuang bangkai jatuh pada Higway Division Oregon.

Setelah berkonsultasi dengan angkatan Laut Amerika, akhirnya mereka memutuskan untuk meledakan ikan paus tersebut, karena mereka pikir mengubur ikan paus tidak akan efektif karena bangkai yang sudah terkubur pastinya nanti akan terbongkar kembali.

Akhirnya mereka memutuskan untuk menggunakan Dinamit guna menghancurkan tubuh paus tersebut hingga menjadi kecil-kecil dan mudah untuk dibersihkan.Namun insinyur yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut, George Thornton masih bingung berapa banyak dinamit yang akan digunakan guna menghancurkan seluruh  tubuh bangkai paus tersebut. Sebelum akhirnya mereka memasukan setengah ton dinamit ke dalam bangkai tersebut.

Dan hasilnya sangat luar biasa, ledakan itu menyebabkan potongan lemak dari ikan tersebut berhamburan di udara, namun hanya sebagaian besar saja bangkai paus tersebut yang hancur dan sebagian lainya masih untuh hingga menyulitkan para petugas untuk membersihkanya.


Bangkai Paus Sperma Meledak
Bangkai Paus Sperma
Ledakan itu berhasil diabadikan dalam sebuah video oleh kameramen Doug dari Brazil yang kemudian dilaporkan oleh reporter berita Paul Linnman dari Katu-TV Portland, Oregon.

Setelah beberapa tahun akhirna kisah peledakan ikan paus tersebut mulai terlupakan, dan beberapa orang yang mendengar kisah ini hanyalah sebagai legenda. Namun peristiwa ini kembali ramai setelah seorang penulis Save Barry mengatakan bahwa ia memiliki Video rekaman dala peledakan paus tersebut.


Akhirnya rekaman tersebut mulai diupload di beberapa situs dan membuat kepopuleran menjadi mendunia. Sebuah studi tahun 2006 mengungkapkan bahwa video tersebut sudah di lihat banyaknya sekitar 350 juta kali di berbagai website.


Bangkai Paus yang Meledak Secara Alami


Bangkai Paus Sperma Meledak
Bangkai Paus Sperma Meledak
Bangkai paus yang meledak secara alami salah satunya terjadi pada tanggal 26 januari 2004 di kota Tainan, Taiwan. Penyebab ledakan tersebut adalah penumpukan gas seperti metahne, hidrogen sulfuda dan amonia dalam tubuh paus yang membusuk sebelum akhirnya meledak.


Bangkai Paus Sperma Meledak
Bangkai Paus Sperma Meledak
Pada awalnya paus sperma yang terdampar ini rencananya akan dilakukan nekropsi oleh seorang Profesor Wang Chienping di Laboratorium Universitas Cheng Kung Tainan. Bangkai paus tersebut diangkut dengan menggunakan truk yang sangat besar. Dibutuhkan kiranya 3 cran besar dan sekitar 50 pekerja serta lebih dari 13 jam untuk menggeser bangkai tubuh paus tersebut ke belakang truk. Namun sayangnya pihak unversitas menolak nekropsi dilakukan di kampus da akhirnya sang profesor memutuskan untuk membawanya ke Sutsao Wild Life Reservation Area, dalam perjalanan menuju Reservation Area, saat melintasi kawasan ramai penduduk tiba-tiba bangkai paus tersebut meledak.


Bangkai Paus Sperma Meledak
Bangkai Paus Sperma Meledak
Darah dan isi perur paus tersebut berhampuran di tengah kota, dalam kejadian ini tidak ada orang terluka meskipun isi perut yang berceceran di jalan menimbulka bau yang sangat menjijikan, namun kejadian tersebut tidak menghentikan proses Nekropsi yang akan dilakukan.


Bangkai Paus Sperma Meledak
Bangkai Paus Sperma Meledak
Selama kurang lebih satu jam, akhirnya wang selesai untuk menekropsi dan menampilkan tulang-tulang dan sisa-sisa paus. Sulang-tulang paus yang sudah dirakit kemudia dipamerkan di Museum Cetacean Taijiang sejak 8 april tahun 2005 yang kemudian tulang-tulang tersebut di awetkan.


Selain itu, pada tanggal 26 November 2013 seekor paus sperma juga dilaporkan meledak, Karena gas-gas metana, hidrogen sulfida dan amonia di dalam perut yang dihasilkan bangkai sangat banyak, maka diambillah langkah untuk menghindari ledakan yang lebih besar dengan melobangi kulitnya. Bangkai paus pun menyemburkan gas dan isi perutnya keluar. Rekaman mengenai insiden tersebut ditampilkan di Kringvarp Føroya, sebuah lembaga penyiaran nasional Faroe.

Dan ini adalah video dari apa yang terjadi di Uruguay beberapa bulan yang lalu, ketika bangkai paus terjatuh saat sedang diangkat oleh crane ke truk.


Newfoundland Canada

Paus biru
Bangkai Paus biru
Pada tanggal 30 April 2014, para pejabat di Trout River, Newfoundland Canada, menyatakan keprihatinan mereka bahwa bangkai paus biru, yang telah terdampar dan membengkak hingga dua kali ukuran normalnya karena gas metana yang terperangkap, akan meledak.

masukkan email kamu untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap hari

filed under:
Copyright © 2013 artikel-fenomenal | Powered by Blogger
Design by Theme Junkie
Blogger Template by Lasantha | PremiumBloggerTemplates.com