Kelereng Setan
Kelereng Setan
Kelereng setan adalah kumpulan batu granit yang biasanya tersebar di sebuah lembah, 100 kilometer di selatan sungai Tennant, Nothern Territory, Australia.

Kelereng setan juga dipercayai sebagai salah satu simbol yang paling populer di pedalaman Australia. Kelereng ini terbentuk dari erosi selama jutaan tahun, kelereng yang terbuarr dari batuan granit ini memiliki berbagai macam ukuran, dari 50 cm hngga 6 meter.

Beberapa batu yang bertumpukan satu sama lain, sementara yang lainya tetap tersebar secara rapi ditengah. Kelereng ini keliatanya disusun secara rapi dan sangat hati-hati bisa juga karena terbawa arus banjir atau glatser dari tempat yang jauh. batua ini sebenarnya terbentuk oleh erosi dari batuan yang mencapai permukaan bumi.

Kelereng Setan
Kelereng Setan
Proses pembentukanya terjadi lebih dari satu juta tahun lalu, ketika batuan cair menembus permukaan bumi dari bawah. sehingga menyebar dan menjadi lapisan di dalam kerak bumi. Setelah waktu yang lama maka lipatan kerak bumi tersebut akan mengangkat batuan granit tersebut sehngga menyebabkanya patah dan menjadi blok persegi yang cukup besar.

Dalam mitologi aborigin, menurut legenda yang dpercaya di daerah tersebut kalau kelereng setan adalah telur pelangi, Arrange (Manusia Iblis) yang berjalan melalui daerah tersebut yang kemudian membuat ikat rambut yang kini dikenal sebagai salah satu perhiasan tradisional yang hanya dikenakan oleh para suku aborigin.

Kelereng Setan
Kelereng Setan
Menurut mitos yang beredar, saat iblis itu memutar-mutar rambut yang akan dia gunakan sebagai tali, kemudian dia menjatuhkan segenggam rambutnya ke tanah yang kemudian berubah menjadi batu-batu yang sangat besar. Arrange lalu kembali ke tempat asalnya, sebuah bukit yang disebut Ayleparrarntenhe, di mana legenda itu mengatakan dia masih hidup hingga hari ini.

masukkan email kamu untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap hari

filed under: ,
Copyright © 2013 artikel-fenomenal | Powered by Blogger
Design by Theme Junkie
Blogger Template by Lasantha | PremiumBloggerTemplates.com