Festival Shukatsu Festa
Festival Shukatsu Festa
Kita tahu, setiap manusia pasti akan meninggal, tetapi kita tidak tahu kapan datangnya hari pemanggilan tersebut. Namun jika anda tinggal di Jepang, anda bisa mempersiapkan hari kematian anda secantik mungkin sesuai apa yang anda inginkan.

Di Jepang ada sebuah festival yang bernama Shukatsu Festa dimana orang dapat memilih makeup sesuai dengan apa yang mereka inginkan saat mereka dimakamkan nanti,  Baju yang mereka pakai sampai bentuk peti seperti apa yang akan mereka pilih.

Festival Shukatsu Festa
Festival Shukatsu Festa

Namun biasanya, orang yang meninggal tidak akan memilih mau dimakamkan dengan cara bagaimana, tergantung kepercaayaan agama yang mereka anut masing-masing.

Dalam festival yang diadakan di Tokyo ini semua orang bisa mempersiapkan peran-pernik yang akan mereka gunakan di hari kematiannya. Setiap Tahunya Festival ini sudah dihadiri lebih dari 5000 orang.

Tidak sedikit orang yang takut takabur, namun warga jepang sendiri justru sangat antusias untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum kematian mereka tiba. Sehingga nanti disaat mereka meninggal akan tetap tampil cantik atau tampan di dalam peti mati yang mereka pilih sendiri.

Festival Shukatsu Festa
Festival Shukatsu Festa
Shukatsu sendiri memiliki arti mempersiapkan salah satu ujung.Sehingga banyak orang yang mempersiapkan dirinya masing-masing di hari pemakamanya.

Dalam festival ini, seorang wanita akan diberi makup seperti roang meninggal. Lalu dipersilahkan untuk memilih baju atau kimono yang akan mereka pakai sesuai selere masing-masing. Mereka juga dipersilahkan untuk memilih peti mati sesuai dengan apa yang mereka suka, lalu ditutup dengan kain dan peti akan ditutup beberapa saat. Jika merasa cocok, maka petugas akan mencatatnya sebagai arsip jika suatu saat mereka mendapat telepon untuk melaksanakan tugasnya.

Festival Shukatsu Festa
Festival Shukatsu Festa

Bagi warga Jepang, kematian merupakan hal yang wajar dan tidak begitu menakutkan, karena mereka mempersiapkannya dengan dini dan sebaik mungkin.

masukkan email kamu untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap hari

filed under: ,
Copyright © 2013 artikel-fenomenal | Powered by Blogger
Design by Theme Junkie
Blogger Template by Lasantha | PremiumBloggerTemplates.com