Paus Sperma Tertidur
Paus Sperma Tertidur
Apakah anda pernah merasakan tidur sambil berdiri, Jika anda pernah melakukanya berarti anda seperti apa rasanya tidur seperti paus sperma.

Sebuah Foto dan video yang berhasil diabadikan oleh seorang fotografer Magnus Lundgren yang bekerja untuk Wild Wonders of Europe, sebenarnya sudah berumur beberapa tahun, tetapi telah sedikit memberikan pandangan baru dalam bidang neuroscience cetacean.
Paus Sperma Tertidur
Paus Sperma Tertidur
Para ilmuwan mengira kalau paus sperma, seperti cetacea lain, hanya membiarkan satu sisi otak mereka untuk beristirahat pada satu waktu.
Menjaga satu mata tetap terbuka, karena mereka harus melakukan hal-hal penting yang memerlukan aktivitas fisik, seperti pergi ke permukaan untuk bernapas atau menghindari predator. Mereka tidak pernah sepenuhnya membiarkan kesadaran mereka hilang.

Namun pada tahun 2008 sebuah penelitian di lepas pantai Chile utara melihatkan dan merekam segerombolan paus sperma yang tampak benar-benar ditak menyadari dengan kahadiran mereka. Tidak ada satupun paus yang merespon kehadiran perahu tim peneliti. Sampai ada salah satu paus yang tidak sengaja tersenggol dan melarikan diri dan akhirnya diikuti oleh kelompok lainya.
Paus Sperma Tertidur
Paus Sperma Tertidur
Penemuan ini menunjukan bahwa paus sperma tidak seperti cetacean lainya, paus sperma tampaknya melakukan tidur singkat, tapi periodik, sepanjang hari, sekitar 7 persen dari waktu.

Jika paus sperma memang hanya tidur dalam modus melayang seperti ini, maka paus sperma akan mengalahkan rekor Jerapah dalam hal “Mamalia yang tidurnya paling singkat”. Atau mungkin juga bahwa paus sperma terlibat dalam dua jenis tidur yaitu : 

  • Tidur penuh saat melayang di permukaan, dan
  • Setengah tidur, yang belum terdokumentasikan.
Berikut adalah videonya.

masukkan email kamu untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap hari

filed under: ,
Copyright © 2013 artikel-fenomenal | Powered by Blogger
Design by Theme Junkie
Blogger Template by Lasantha | PremiumBloggerTemplates.com